Strategi Pengembangan Atraksi Wisata Buatan di Pantai Kata Kota Pariaman

Main Article Content

Wira Triana Yuliana Yuliana

Abstract

Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perkembangan terhadap atraksi wisata buatan di Pantai Kata Kota Pariaman. Pantai Kata memiliki potensi yang cukup banyak untuk dapat dikembangkan atraksi wisata buatannya. Potensi tersebut berupa terdapatnya pasir pantai yang luas, jajaran pohon pinus yang asri serta terdapat kolam yang belum dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi yang digunakan untuk pengembangan atraksi wisata buatan yang mempunyai indikator berupa All Terain Vehicle (ATV), Kolam Pancing dan Outbound dengan menggunakan analisis SWOT yang dilihat dari faktor internal berupa kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal berupa peluang dan ancaman. Penelitian ini merupakan penelitian dengan deskriptif dengan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi yang melibatkan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data secara reduksi yaitu dengan merangkum, memilih dan juga memfokuskan pada hal-hal penting, serta menganalisis data yang diperoleh terhadap masalah yang di teliti.
Hasil penelitian ini secara keseluruhan adanya faktor internal yang didapatkan dari kekuatan dan kelemahan Pantai Kata serta faktor eksternal yang didapatkan dari peluang dan ancaman. Jika dilakukan pengembangan terhadap atraksi wisata buatan di Pantai Kata Kota Pariaman, strategi yang dirumuskan : 1) Memanfaatkan lahan yang tersedia sebagai area bermain ATV karena belum ada pantai yang menawarkan All Terain Vehicle (ATV) di Kota Pariaman. 2) Mengelola lahan, kolam atau talao yang tersedia di Pantai Kata menjadi kawasan kolam pancing untuk komunitas yang hobi memancing. 3) Mengelola lahan yang tersedia untuk digunakan sebagai kawasan Outbound.


Kata Kunci : Strategi, Pengembangan, Atraksi Wisata Buatan

Article Details

How to Cite
TRIANA, Wira; YULIANA, Yuliana. Strategi Pengembangan Atraksi Wisata Buatan di Pantai Kata Kota Pariaman. JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA, [S.l.], v. 13, n. 01, p. 37-47, june 2021. ISSN 2549-9823. Available at: <http://jpk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpk/article/view/779>. Date accessed: 21 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.24036/jpk/vol13-iss01/779.
Section
Tourism