Pengaruh Periklanan Terhadap Minat Beli Kamar Di Imelda Hotel Waterpark Convention Padang
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan periklanan, 2) mendeskripsikan minat beli, 3) menganalisis pengaruh periklanan terhadap minat beli kamar di Imelda hotel waterpark convention Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Rata-rata populasi dalam penelitian ini adalah tamu maupun orang yang pernah mencari informasi, mempertimbangkan untuk membeli, tertarik untuk mencoba, mengetahui produk, atau ingin memiliki produk di Imelda Hotel Waterpark convention populasi berjumlah 1.005 orang per bulan, sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 91 orang. Teknik analisis data menggunakan bantuan program komputer SPSS versi 20.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) periklanan berada pada kategori baik (68,1%), 2) minat beli berada pada kategori baik (58,2%), 3) R Square 0.097 dengan signifikansi 0,003 artinya pengaruh variabel periklanan terhadap minat beli kamar adalah sebesar 9,7%, sedangkan 90,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: periklanan, minat beli, kamar.
Abstract
This study aims to 1) describe advertising, 2) describe buying interest, 3) analyze the effect of advertising on buying interest in rooms at the Imelda hotel waterpark convention Padang. This type of research is quantitative with a causal associative approach. The average population in this study are guests and people who have sought information, consider buying, are interested in trying, knowing the product, or want to have a product at the Imelda Hotel Waterpark convention population of 1,005.2 people per month, samples taken using the technique purposive sampling with a total of 91 people. The data analysis technique was using SPSS computer version 20.00. The results showed that: 1) advertising is in the good category (68.1%), 2) buying interest is in the good category (58.2%), 3) R Square 0.097 and Significance 0,003 means that the influence of advertising variables on room buying interest is 9 7%, while 90.3% is influenced by other factors.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Keluarga is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the terms of Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited. This means: (1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan dan Keluarga in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan dan Keluarga are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan dan Keluarga as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan dan Keluarga the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Most read articles by the same author(s)
- Siti Atina Fajrianisa, Yuliana Yuliana, Penilaian Tampilan Visual Feeds dan Postingan Instagram Hotel-hotel Berbintang di Kota Padang Sebagai Media Promosi Online , JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA: Vol 11 No 02 (2019): Jurnal Pendidikan dan Keluarga
- Redamasari Redamasari, Yuliana Yuliana, Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Di Daima Hotel padang , JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA: Vol 11 No 02 (2019): Jurnal Pendidikan dan Keluarga
- Amelia Rahmi, Yuliana Yuliana, Manajemen Pelayanan Operasional Di Hotel Bunda Padang , JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA: Vol 11 No 02 (2019): Jurnal Pendidikan dan Keluarga
- Yolanda Miranti, Yuliana Yuliana, Pengaruh Pengaruh Fasilitas Kamar Terhadap Kepuasan Tamu Menginap Di Hotel Pangeran Beach Padang , JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA: Vol 12 No 01 (2020): Jurnal Pendidikan dan Keluarga
- Nia Fista, Yuliana Yuliana, ANALISIS SANITASI PRODUK RAKIK DI ULAKAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN , JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA: Vol 13 No 01 (2021): Jurnal Pendidikan dan Keluarga