Validitas Modul Pembelajaran Mata Kuliah Gizi Kulinari Dasar Berorientasi Problem Besed Learning (PBL) Untuk Mahasiswa Gizi di Stikes Perintis Padang
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK Modul pembelajaran berorientasi Problem Based Learning (PBL) adalah modul yang dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dengan melatih mahasiswa menemukan permasalahan yang otentik, mengumpulkan informasi untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Berorientasi Problem Based Learning (PBL) yang valid, praktis dan efektif. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan four-D (4D). Tahap pengembangan 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (Pendiseminasian). Data penelitian diperoleh dari uji vaiditas,. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi modul pembelajaran mata kuliah gizi kulinari dasar berorientasi problem based elearning
Hasil penelitian dari uji validitas menunjukkan bahwa bahan ajar berorientasi Problem Based Learning pada mata pelajaran gizi Kulinari Dasar yang dihasilkan berada pada kategori (valid) dengan tingkat pencapaian 0,93%. dan pada aspek format modul dinyatakan (valid) dengan total nilai 0,91%;
Kata kunci: Modul; Problem Based Learning; Validitas ; Praktikalitas; Efektivitas
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Keluarga is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the terms of Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited. This means: (1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan dan Keluarga in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan dan Keluarga are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan dan Keluarga as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan dan Keluarga the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Most read articles by the same author(s)
- Yensasnidar Yensasnidar, PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEKNOLOGI PANGAN (TP) , JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA: Vol 9 No 1 (2017): Vol 9 No 1 (2017)