Validitas Modul Pembelajaran Mata Kuliah Gizi Kulinari Dasar Berorientasi Problem Besed Learning (PBL) Untuk Mahasiswa Gizi di Stikes Perintis Padang

Main Article Content

Yensasnidar Yensasnidar

Abstract

     ABSTRAK    Modul pembelajaran berorientasi Problem Based Learning (PBL) adalah modul yang dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dengan melatih mahasiswa menemukan permasalahan yang otentik, mengumpulkan informasi untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Berorientasi Problem Based Learning (PBL) yang valid, praktis dan efektif. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan four-D (4D). Tahap pengembangan 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (Pendiseminasian). Data penelitian diperoleh dari uji vaiditas,. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi modul pembelajaran mata kuliah gizi kulinari dasar berorientasi problem based elearning


Hasil penelitian dari uji validitas menunjukkan bahwa bahan ajar berorientasi Problem Based Learning pada mata pelajaran gizi Kulinari Dasar yang dihasilkan berada pada kategori (valid) dengan tingkat pencapaian 0,93%. dan pada aspek format modul dinyatakan (valid) dengan total nilai 0,91%; 


 


    Kata kunci: Modul; Problem Based Learning; Validitas ; Praktikalitas; Efektivitas

Article Details

How to Cite
YENSASNIDAR, Yensasnidar. Validitas Modul Pembelajaran Mata Kuliah Gizi Kulinari Dasar Berorientasi Problem Besed Learning (PBL) Untuk Mahasiswa Gizi di Stikes Perintis Padang. JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA, [S.l.], v. 11, n. 02, p. 48-53, dec. 2020. ISSN 2549-9823. Available at: <http://jpk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpk/article/view/661>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24036/jpk/vol11-iss1/661.
Section
Articles