PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PERAWATAN PEDICURE SPA DI SMKN 6 PADANG

Main Article Content

Mudhia Khairunnisa Rahmiati Rahmiati

Abstract

Permasalahan ditemukan bahwa media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa kurang minat dan monoton dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media video pada materi perawatan pedicure spa serta mengetahui tingkat validitas, praktikalitas dan efektifitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development).Model penelitian yang digunakan adalah 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket/kuesioner. Subjek penelitian ini adalah kelas XII KC 1 sebanyak 29 siswa di SMKN 6 Padang. Teknik analisis data yang diperoleh yaitu data validitas, praktikalitas dan efektifitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian analisis data validasi desain media video diperoleh 0,76 kategori valid dan data validasi materi diperoleh 0,85 kategori sangat valid. Hasil analisis data praktikalitas oleh siswa adalah 88,1% kategori sangat praktis dan oleh guru adalah 94,5% kategori sangat praktis. Hasil analisis data efektifitas menunjukkan hasil pretest memperoleh nilai dibawah KKM yaitu 62,52 kriteria efektif, sedangkan hasil posttest memperoleh nilai diatas KKM yaitu 86,66 kriteria sangat efektif. Rata-rata N-Gain Score adalah 0,65 kategori sedang. Hal ini membuktikan bahwa media tersebut efektif digunakan. Disarankan hasil penelitian dapat dijadikan acuan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis video guna mempermudah guru menyediakan materi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi yang disampaikan.

Article Details

How to Cite
KHAIRUNNISA, Mudhia; RAHMIATI, Rahmiati. PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PERAWATAN PEDICURE SPA DI SMKN 6 PADANG. JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA, [S.l.], v. 14, n. 02, p. 71-82, dec. 2022. ISSN 2549-9823. Available at: <http://jpk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpk/article/view/1150>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.24036/jpk/vol14-iss02/1150.
Section
Beauty and Cosmetics