PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PERAWATAN PEDICURE SPA DI SMKN 6 PADANG
Main Article Content
Abstract
Permasalahan ditemukan bahwa media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa kurang minat dan monoton dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media video pada materi perawatan pedicure spa serta mengetahui tingkat validitas, praktikalitas dan efektifitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development).Model penelitian yang digunakan adalah 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket/kuesioner. Subjek penelitian ini adalah kelas XII KC 1 sebanyak 29 siswa di SMKN 6 Padang. Teknik analisis data yang diperoleh yaitu data validitas, praktikalitas dan efektifitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian analisis data validasi desain media video diperoleh 0,76 kategori valid dan data validasi materi diperoleh 0,85 kategori sangat valid. Hasil analisis data praktikalitas oleh siswa adalah 88,1% kategori sangat praktis dan oleh guru adalah 94,5% kategori sangat praktis. Hasil analisis data efektifitas menunjukkan hasil pretest memperoleh nilai dibawah KKM yaitu 62,52 kriteria efektif, sedangkan hasil posttest memperoleh nilai diatas KKM yaitu 86,66 kriteria sangat efektif. Rata-rata N-Gain Score adalah 0,65 kategori sedang. Hal ini membuktikan bahwa media tersebut efektif digunakan. Disarankan hasil penelitian dapat dijadikan acuan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis video guna mempermudah guru menyediakan materi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi yang disampaikan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Keluarga is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the terms of Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited. This means: (1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan dan Keluarga in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan dan Keluarga are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan dan Keluarga as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan dan Keluarga the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Most read articles by the same author(s)
- Gusmelidawati Gusmelidawati, Rahmiati Rahmiati, Development of Problem-Based Daily Face Makeup Module for Vocational Higher Education , JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA: Vol 14 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Keluarga
- Adinda Dwi Putri, Rahmiati Rahmiati, Development of Character Makeup Learning Videos for the Makeup and Beauty Department Students , JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA: Vol 15 No 02 (2023): Jurnal Pendidikan dan Keluarga
- Gholiya ghiska Putri Zuda, Rahmiati Rahmiati, Development of Video Tutorial-Based Learning Media in Basic Beauty Lessons , JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA: Vol 16 No 01 (2024): Jurnal Pendidikan dan Keluarga