Penanganan Keluhan Tamu Di New D'dhave Hotel Padang
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penanganan keluhan tamu di newd’Dhave Hotel Padang yang masih cukup tinggi.Tujuan penelitian adalahmendeskripsikan penanganan keluhan tamu yang telah ditangani karyawan di New d’Dhave Hotel Padang. Jenis penelitianadalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah tamu yang pernah menginap di New d’Dhave Hotel Padang dan pernah melakukan keluhan secara langsung kepada pihak hotel pada periode Januari-Juni 2018 yang berjumlah sebanyak 97 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah total sampling.Jenis data yang akan dipergunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei melaui penyebaran angket yang telah diuji validitas & realibilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Procedural Justice Service dengan nilai rata-rata 3,60 Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 72,00 %. Menunjukan bahwa Procedural Justice Service dalam kategori Baik.2)Interactional Justicenilai rata-rata 3,54 dengan Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 70,80%. Menunjukan bahwa Interactional Justicedalam kategori Baikdan 3)Distributive Justicenilai rata-rata 23,57 Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 71,34 %. Menunjukan indikatorDistributive Justice kategori Baik.
Kata Kunci: penanganan, keluhan
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Keluarga is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the terms of Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited. This means: (1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan dan Keluarga in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan dan Keluarga are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan dan Keluarga as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan dan Keluarga the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.