Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan Di Daima Hotel Padang

Main Article Content

Rizki Amel ya Hijriyantomi Suyuthie

Abstract

                                                                                      ABSTRAK


Rizki Amelya 2019.              Pengaruh Kepuasan Kerja Karyawan terhadap Turnover Intention di Daima Hotel Padang.


Penelitian ini berawal dari pengalaman lapangan indutri di Daima Hotel Padang, penulis menemukan permasalahan, dimana masih  adanya masalah pengelolaan SDM ditemukan pada praktiknya, permasalahan ini secara terus menerus dapat menimbulkan masalah baru yang disebut dengan Turnover Intention atau kecendrungan karyawan melakukan keluar masuk pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepuasan Kerja Karyawan terhadap Turnover Intention di Daima Hotel Padang.


Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode assossiatif kausal yang bertujuan untuk melihat seberapa besar Pengaruh Kepuasan Kerja (X) Terhadap Turnover Intention (Y) di Daima Hotel Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan dengan  jumlah  58  orang,  sampel  diambil dengan menggunakan teknik Sampel Jenuh. Teknik analisis data menggunakan bantuan Program Komputer SPSS versi 20.00.


Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Kepuasan kerja berada  pada  kategori buruk (72,4%), (2) Turnover Intention berada pada kategori baik (56,9%) (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh F 44,708 dengan sig. 0,000 < 0,05, maka variabel fasilitas kerja dapat menjelaskan variabel produktivitas kerja secara signifikan, dengan nilai R Square sebesar 0,444. Artinya kepuasan kerja mempengaruhi turnover intention sebesar 44,4% dan 55,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya diperoleh t 6,686 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05, maka terdapat hubungan signifikan antara kedua variabel. Kemudian diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,559 dengan nilai pada sig. 0,000 < 0,05. Artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan  kepuasan kerja akan meningkatkan 0,559 satuan turnover intention. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan agar lebih meningkatkan kegiatan supervisi di Daima Hotel Padang melalui aktifitas bimbingan, pengarahan, observasi, motivasi dan evaluasi pada karyawan agar lebih meningkatkan kepuasan kerja karyawan.


Kata kunci: Kepuasan Kerja, Turnover Intention, Karyawan

Article Details

How to Cite
YA, Rizki Amel; SUYUTHIE, Hijriyantomi. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan Di Daima Hotel Padang. JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA, [S.l.], v. 11, n. 02, p. 183-192, apr. 2020. ISSN 2549-9823. Available at: <http://jpk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpk/article/view/645>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24036/jpk/vol11-iss02/645.
Section
Articles