Persepsi Mahasiswa Tentang Pelaksanaan Mata Kuliah Pengelolaan Usaha Boga (PUB) Di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya mahasiswa yang mendapatkan nilai tunda dan tidak lulus pada mata kuliah Pengelolaan Usaha Boga sehingga terdapat adanya perbedaan persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan mata kuliah Pengelolaan Usaha Boga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan mata kuliah Pengelolaan Usaha Boga di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah berjumlah 118 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner (angket) yang diisi melalui google forms, dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan mata kuliah Pengelolaan Usaha Boga di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga dengan tingkat pencapaian 55% berada pada kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari aspek penerimaan atau penyerapan berada pada kategori sedang dengan tingkat capaian 45%, pengertian atau pemahaman berada pada kategori sedang dengan tingkat capaian 40%, penilaian berada pada kategori tinggi dengan tingkat capaian 45%. Dengan demikian dapat disimpulkan persepsi mahasiswa yang baik akan mewujudkan penilaian yang tinggi, persepsi yang tinggi akan mrnggambarkan banyaknya nilai positif terhadap mata kuliah Pengelolaan Usaha Boga.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Keluarga is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the terms of Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited. This means: (1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan dan Keluarga in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan dan Keluarga are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan dan Keluarga as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan dan Keluarga the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.