Persepsi Mahasiswa Tentang Pelaksanaan Mata Kuliah Pengelolaan Usaha Boga (PUB) Di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga

Main Article Content

Indah Permata Sari Elida Elida

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya mahasiswa yang mendapatkan nilai tunda dan tidak lulus pada mata kuliah Pengelolaan Usaha Boga sehingga terdapat adanya perbedaan persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan mata kuliah Pengelolaan Usaha Boga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan mata kuliah Pengelolaan Usaha Boga di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi  pada penelitian ini adalah berjumlah 118 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner (angket) yang diisi melalui google forms, dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan mata kuliah Pengelolaan Usaha Boga di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga dengan tingkat pencapaian 55% berada pada kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari aspek penerimaan atau penyerapan berada pada kategori sedang dengan tingkat capaian 45%, pengertian atau pemahaman berada pada kategori sedang dengan tingkat capaian 40%, penilaian berada pada kategori tinggi dengan tingkat capaian 45%. Dengan demikian dapat disimpulkan persepsi mahasiswa yang baik akan mewujudkan penilaian yang tinggi, persepsi yang tinggi akan mrnggambarkan banyaknya nilai positif terhadap mata kuliah Pengelolaan Usaha Boga.

Article Details

How to Cite
SARI, Indah Permata; ELIDA, Elida. Persepsi Mahasiswa Tentang Pelaksanaan Mata Kuliah Pengelolaan Usaha Boga (PUB) Di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga. JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA, [S.l.], v. 11, n. 02, p. 166-173, apr. 2020. ISSN 2549-9823. Available at: <http://jpk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpk/article/view/642>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24036/jpk/vol11-iss02/642.
Section
Articles