Pengaruh Fasilitas Kamar Terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Basko Hotel Padang

Main Article Content

Ferdian Sandy Putra

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya tamu yang merasa tidak puas dengan fasilitas kamar yang ada di Basko Hotel Padang. Penelitian dilakukan untuk mengetahui adanya Pengaruh Fasilitas Kamar Terhadap Kepuasan Tamu di Basko Hotel Padang. Penelitian ini berjenis deskriptif kuantitatif dengan metode assosiatif kasual dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Fasilitas Kamar Terhadap Kepuasan Tamu di Basko Hotel Padang. Populasi di Basko Hotel Padang berjumlah 4829 orang (per bulan). Terdapat sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner (angket) menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji regresi linear serdehana dan uji koefesien determinasi yang dilakukan melalui Program Komputer SPSS versi 16.00. Setelah melakukan penelitian maka didapatkan hasilnya sebagai berikut: (1) Fasilitas Kamar termasuk kategori yang kurang baik (49%), (2) Kepuasan Tamu termasuk pada kategori kurang baik (56%), (3) Didapat hasil koefisien sebesar 0,765 dengan nilai t hitung 7,678 pada sig. 0,00 < 0,05. Jadi setiap peningkatan sebesar 1 satuan variabel fasilitas kamar dapat meningkatkan 0,765 satuan kepuasan tamu. Pengaruh variabel fasilitas kamar terhadap variabel kepuasan tamu yaitu sebesar 37,6%, sisanya 61,3% dipengaruhi oleh faktor yang lain..

Article Details

How to Cite
PUTRA, Ferdian Sandy. Pengaruh Fasilitas Kamar Terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Basko Hotel Padang. JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 29-35, june 2019. ISSN 2549-9823. Available at: <http://jpk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpk/article/view/560>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.24036/jpk/vol11-iss1/560.
Section
Articles