Kontribusi Motivasi dan Disiplin Terhadap Efektivitas E-Learning Mata Kuliah Tata Rias Pengantin Barat

Main Article Content

Hayatunnufus Hayatunnufus Muharika Dewi

Abstract

Pandemi Covid 19 menyebabkan pembelajaran melalui e learning harus dilakukan, hal ini bertujuan untuk membatasi interaksi mahasiswa agar terhindar dari penularan wabah yang berbahaya. Namun dalam penerapan e learning mahasiswa Jurusan Tata Rias dan Kecantikan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang mengalami masalah dalam efektivitas penggunaan e learning. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif assosiatif dengan analisis data korelasi dan kontribusi. Variabel bebas  adalah motivasi intrinsik dan ekstrinsik serta disiplin belajar, sedangkan variabel terikat adalah efektivitas hasil belajar e learning. Sampel adalah mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan berjumlah 33 orang dan terdaftar pada mata kuliah Tata Rias Pengantin Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar berkontribusi paling tinggi, kemudian motivasi interinsik dan paling kecil adalah kontribusi motivasi ekstrinsik. Secara keseluruhan semua variabel berkontibusi sebesar 23,6%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara deskriptif bagaimana motivasi intrinsik, dan motivasi ekstrinsik serta disiplin mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan e learning, mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran serta mengetahui kontribusi masing-masing variabel bebas pada efektivitas hasil belajar tata rias pengantin barat melalui e learning.

Article Details

How to Cite
HAYATUNNUFUS, Hayatunnufus; DEWI, Muharika. Kontribusi Motivasi dan Disiplin Terhadap Efektivitas E-Learning Mata Kuliah Tata Rias Pengantin Barat. JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA, [S.l.], v. 13, n. 02, p. 42-49, jan. 2022. ISSN 2549-9823. Available at: <http://jpk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpk/article/view/904>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.24036/jpk/vol13-iss02/904.
Section
Vocational Education