EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN WARNA MAHASISWA TATA RIAS DAN KECANTIKAN

Main Article Content

Siska Miga Dewi

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang dapat merasang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran yang lebih efektif. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan warna mahasiswa tata rias dan kecantikan pada mata kuliah desain kecantikan.  Subjek dari penelitian ini melibatkan 46 mahasiswa tata rias dan kecantikan fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP. Hasil penelitian yang didapat melalui uji sumatif untuk melihat keefektifan media pembelajaran yang digunakan. Data penilaian berupa data kuantitatif melalui uji sumatif tanpa menggunakan kelas kontrol, sehingga untuk menghitung besarnya effect size pada penelitian ini hanya melihat d (gain). Keefektifan produk media pembelajaran yang dilihat dari nilai pre-test dan post-test pada penelitian ini mengalami peningkatan rerata nilai sebesar 37,6, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran efektif untuk meningkatkan pengetahuan warna mahasiswa tata rias dan kecantikan.

Article Details

How to Cite
DEWI, Siska Miga. EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN WARNA MAHASISWA TATA RIAS DAN KECANTIKAN. JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA, [S.l.], v. 13, n. 02, p. 28-32, jan. 2022. ISSN 2549-9823. Available at: <http://jpk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpk/article/view/893>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24036/jpk/vol13-iss02/893.
Section
Vocational Education