EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN WARNA MAHASISWA TATA RIAS DAN KECANTIKAN
Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu yang dapat merasang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran yang lebih efektif. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan warna mahasiswa tata rias dan kecantikan pada mata kuliah desain kecantikan. Subjek dari penelitian ini melibatkan 46 mahasiswa tata rias dan kecantikan fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP. Hasil penelitian yang didapat melalui uji sumatif untuk melihat keefektifan media pembelajaran yang digunakan. Data penilaian berupa data kuantitatif melalui uji sumatif tanpa menggunakan kelas kontrol, sehingga untuk menghitung besarnya effect size pada penelitian ini hanya melihat d (gain). Keefektifan produk media pembelajaran yang dilihat dari nilai pre-test dan post-test pada penelitian ini mengalami peningkatan rerata nilai sebesar 37,6, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran efektif untuk meningkatkan pengetahuan warna mahasiswa tata rias dan kecantikan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Keluarga is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the terms of Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited. This means: (1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan dan Keluarga in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan dan Keluarga are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan dan Keluarga as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan dan Keluarga the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.