Analisis Cemaran Escherichia coli, Salmonella sp., Staphylococcus aureus, dan Bacillus cereus pada Minuman Susu Kedelai di Kota Padang

Main Article Content

Sari Mustika Ranggi Rahimul Insan Anni Faridah

Abstract

Minuman susu kedelai dibuat dengan bahan dasar kedelai digiling halus, ditambahkan air dan disaring, yang kemudian menghasilkan cairan berwarna putih seperti susu. Apabila  pada  proses  pembuatannya   tidak  baik  dan bersih, maka dapat terkontaminasi  oleh beberapa bakteri pathogen seperti; bakteri Escherichia Coli, Salmonella sp. sp., Staphylococcus aureus, dan Bacillus cereus yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit pada orang yang mengkonsumsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif, bertujuan  untuk menganalisis  dan mengetahui adanya cemaran bakteri patogen Escherichia Coli, Salmonella sp, Staphylococcus  aureus, dan Bacillus cereus yang terdapat pada minuman jajanan susu kedelai di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 9 buah yang terdiri dari minuman susu kedelai yang didapat dari pasar tradisional di Kota Padang.  Jumlah  bakteri  pada  masing-masing sampel dihitung menggunakan metode Most Probable Number (MPN). Hasil penelitian diperoleh  dari 9 sampel yang diuji sebagian besar  sampel  positif tercemar  bakteri  patogen  dan jumlahnya  melebihi dari batas yang sesuai yang syaratkan SNI 7388-2009  tentang syarat mutu minuman  susu  kedelai.

Article Details

How to Cite
MUSTIKA, Sari; INSAN, Ranggi Rahimul; FARIDAH, Anni. Analisis Cemaran Escherichia coli, Salmonella sp., Staphylococcus aureus, dan Bacillus cereus pada Minuman Susu Kedelai di Kota Padang. JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA, [S.l.], v. 11, n. 02, p. 1-8, dec. 2019. ISSN 2549-9823. Available at: <http://jpk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpk/article/view/735>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.24036/jpk/vol11-iss02/735.
Section
Articles