PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BATIK TULIS PADA MATA KULIAH ANALISIS TEKSTIL JURUSAN ILMU KESEJAHTERAAN KELUARGA UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Main Article Content

Isna Oktaviani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengahasilkan bahan ajar yang valid dan praktis pada mata kuliah analisis tekstil dengan pokok pembahasan batik tulis. Bahan ajar ini digunakan untuk membantu mahasiswa dalam melaksanakan proses belajar, memberi kontribusi dan solusi dalam mengatasi kendala yang ada, serta memberi ruang lingkup sebagai sarana dalam belajar. Bahan ajar batik tulis disusun berdasarkan silabus dan kebutuhan mahasiswa.  Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model penelitian 4D  yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Namaun dalam penelitian ini tahap penyebaran tidak dilakukan mengingat keterbatasan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian data uji validitas dengan hasil 83,35% kategori sangat valid. Sedangkan data uji praktikalitas dengan hasil 85,89% kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar batik tulis layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah analisis tekstil.

Article Details

How to Cite
OKTAVIANI, Isna. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BATIK TULIS PADA MATA KULIAH ANALISIS TEKSTIL JURUSAN ILMU KESEJAHTERAAN KELUARGA UNIVERSITAS NEGERI PADANG. JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 36-42, june 2019. ISSN 2549-9823. Available at: <http://jpk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpk/article/view/590>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.24036/jpk/vol11-iss1/590.
Section
Articles