MOTIVASI MAHASISWA DENGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SMA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI FAKULTAS PARIWISATA DAN PERHOTELAN

Main Article Content

Elida Elida, Lecturer

Abstract

Abstrak. Penelitian ini berawal dari pengamatan terhadap mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA/MA yang  jumnlahnya makin lama makin berkurang Pada Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendreskipsikan dan mengetahui faktor-faktor motivasi mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA/MA memilih program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif.  Populasi penelitian ini adalah mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA/MA memilih program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang berjumlah 154 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proposional Random Sampling  berjumlah 61 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan mengunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskriptif dengan metode pengkategorian penilaian berdasarkan rerata skor dan persentase penilaian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa motivasi mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA/MA memilih Program Studi Pendidikan Kesejahteraan keluarga secara keseluruhan termasuk dalam kategori tinggi. Dengan faktor indikator ekstrinsik lebih tinggi dibandingkan faktor intrinsik dengan sub indikator tertinggi yaitu faktor keluarga lalu lingkungan sosial, kebutuhan, sarana dan prasarana, tujuan, dan yang terakhir adalah keinginan.

Article Details

How to Cite
ELIDA, Elida. MOTIVASI MAHASISWA DENGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SMA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI FAKULTAS PARIWISATA DAN PERHOTELAN. JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA, [S.l.], v. 8, n. 2, july 2017. ISSN 2549-9823. Available at: <http://jpk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpk/article/view/30>. Date accessed: 03 may 2024.
Section
Articles