MOTIVASI MAHASISWA DENGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SMA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI FAKULTAS PARIWISATA DAN PERHOTELAN
Main Article Content
Abstract
Abstrak. Penelitian ini berawal dari pengamatan terhadap mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA/MA yang jumnlahnya makin lama makin berkurang Pada Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendreskipsikan dan mengetahui faktor-faktor motivasi mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA/MA memilih program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA/MA memilih program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang berjumlah 154 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proposional Random Sampling berjumlah 61 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan mengunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskriptif dengan metode pengkategorian penilaian berdasarkan rerata skor dan persentase penilaian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa motivasi mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA/MA memilih Program Studi Pendidikan Kesejahteraan keluarga secara keseluruhan termasuk dalam kategori tinggi. Dengan faktor indikator ekstrinsik lebih tinggi dibandingkan faktor intrinsik dengan sub indikator tertinggi yaitu faktor keluarga lalu lingkungan sosial, kebutuhan, sarana dan prasarana, tujuan, dan yang terakhir adalah keinginan.
Article Details
Jurnal Pendidikan dan Keluarga is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the terms of Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited. This means: (1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan dan Keluarga in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan dan Keluarga are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan dan Keluarga as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan dan Keluarga the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.