UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE BELAJAR AKTIF TIPE BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF PADA SISWA KELAS XI IPA3 SMA NEGERI 1 LUBUK BASUNG
Main Article Content
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertolak dari adanya masalah yang teridentifikasi pada pembelajaran matematika kelas XI IPA3 , yaitu: siswa kurang aktif dalam mengerjakan latihan, siswa kurang aktif berdiskusi dengan teman, hasil belajar matematika siswa masih rendah, dan belum optimalnya metode belajar aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui metode belajar aktif dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di XI IPA 3 SMA Negeri 1 Lubuk Basung dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan/observasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari dua macam yaitu analisis aktivitas dan tes hasil belajar dengan pendekatan kuantitatif. Pada siklus I rata-rata persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 7,8%. Pada pertemuan pertama rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 65,2% naik menjadi 73% dengan kategori tingkat keberhasikan aktivitas :Berhasil. rata-rata nilai yang diperoleh siswa masih di atas KKM yang telah ditetapkan di SMA N 1 Lubuk Basung yaitu 62 . Jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan dalam tes akhir pada siklus pertama ini hanya 23 orang (67,6%). Pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 4,7%. Pada pertemuan pertama rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 82,9% naik menjadi 87,6% dengan kategori tingkat keberhasikan aktivitas : Sangat Berhasil. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa sudah di atas KKM yang ditetapkan di sekolah yaitu 62. Ditemukan siswa yang sudah tuntas belajar ada sebanyak 27 orang (79,4%). Hal ini menunjukkan bahwa akibat tindakan yang diberikan pada siklus kedua telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Article Details
Jurnal Pendidikan dan Keluarga is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the terms of Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited. This means: (1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan dan Keluarga in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan dan Keluarga are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan dan Keluarga as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan dan Keluarga the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.