UPAYA PENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR GEOGRAFI MELALUI TEKA TEKI SILANG PADA SISWA KELAS X1 1 SMA NEGERI 1 LUBUK BASUNG
Main Article Content
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertolak dari adanya masalah yang teridentifikasi pada pembelajaran geografi kelas XI SMA , yaitu: rendahnya prestasi belajar geografi siswa dalam penguasaan materi dipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran yang mengabaikan keheterogenan siswa.Atas dasar pengalaman yang berbeda dari masing-masing siswa maka muncullah heterogenitas dalam hal bakat, kemampuan awal, kecerdasan, motivasi dan dalam hal lainnya. Maka guru perlu menciptakan suasana kelas yang ber nuansa kolaborasi. Salah satu kemasan pembelajaran yang memiliki aspek kolaborasi dan kreatif adalah kemasan pembelajaran yang berorientasi pada pelaksanaan tes diberikan oleh guru kepada peserta didik di akhir proses pembelajaran.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lubuk Basung dengan subjek penelitian adalah kelas XI I yang berjumlah 36 orang siswa. Alat pengumpul data dilaksanakan lembar diskusi Siswa yaitu LDS yang berisi petunjuk bagi siswa dalam belajar dan bekerja dan lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari dua macam yaitu analisis aktivitas dan rata- rata kelas setiap tes kecil serta rata- rata ulangan harian.. Hasil observasi yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas belajar siswa dari siklus ke siklus dengan indikator banyaknya siswa yang bertanya. Pada siklus I jumlahwa yang bertanya 5 orang (14 %), mengeluarkan pendapat 5 orang (14 %) sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan yang mengajukan pertanyaan 12 orang (30 %) dan yang mengeluarkan pendapat 10 orang (25 %).
Article Details
Jurnal Pendidikan dan Keluarga is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the terms of Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited. This means: (1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan dan Keluarga in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan dan Keluarga are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan dan Keluarga as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan dan Keluarga the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.