UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY TERBIMBING PADA SISWA KELAS X.6 SMA NEGERI 1 TANJUNG RAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016
Main Article Content
Abstract
Abstrak. Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam pembelajaran kimia di kelas X.6 SMA Negeri 1 Tanjung Raya, dimana sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran kimia, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa pun rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia digunakan Metode Discovery Terbimbing pada siswa kelas X.6 SMA Negeri 1 Tanjung Raya.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X.6 SMA Negeri 1 Tanjung Raya yang berjumlah 32 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan.Hasil penelitian dari setiap siklus pembelajaran kimia yang telah dilaksanakan dengan menggunakan Metode Discovery Terbimbing menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 53% dengan nilai rata-rata siswa 68, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 80 dan ketuntasan 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Discovery Terbimbing berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia di kelas X.6 SMA Negeri 1 Tanjung Raya.
Article Details
Jurnal Pendidikan dan Keluarga is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the terms of Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited. This means: (1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan dan Keluarga in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan dan Keluarga are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan dan Keluarga as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan dan Keluarga the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.