UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIRED STORYTELLING PADA KELAS XII.A1 SMA NEGERI 1 TANJUNG RAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016 UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA
Main Article Content
Abstract
Abstrak. Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Inggris di kelas XII.A1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya, dimana sebagian besar siswa siswa memiliki kemampuan yang rendah dalam berbicara Bahasa Inggris, baik dari pelafalan, tata bahasa (grammar) dan kosa kata (vocabulary). Siswa masih mengalami kebingungan, apa yang harus mereka katakan pada saat berbicara lisan. Sehingga proses belajar mengajar dirasakan berjalan kurang kondusif. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Inggris diterapkan Model Cooperative Learning Tipe Paired Strorytelling pada siswa kelas XII.A1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XII.A1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya yang berjumlah 23 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Inggris yang telah dilaksanakan di kelas XII.A1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Paired Strorytelling menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 61% dengan nilai rata-rata siswa 68, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan ketuntasan mencapai 86% dan nilai rata-rata siswa 82. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Paired Strorytelling dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa kelas XII.A1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya.
Article Details
Jurnal Pendidikan dan Keluarga is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the terms of Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited. This means: (1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan dan Keluarga in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan dan Keluarga are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan dan Keluarga as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan dan Keluarga the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.