Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Rias Panggung dan Manajemen Pemasaran Melalui Pelatihan

Main Article Content

mitra lusiana Ringga Novelni Dovi Septiari Indra Saputra

Abstract

Pengembangan pariwisata ekonomi kreatif berbasis budaya yang dikelola oleh Sanggar Seni Perguruan Silat Sekapur Sirih yang terletak di Nagari Salibutan mengalami hambatan dari terbatasnya pengetahuan dan keterampilan. Hal ini merupakan pendorong utama peneliti untuk memberikan pelatihan kepada anggota sanggar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah program pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan rias panggung dan manajemen pemasaran secara signifikan atau tidak. Desain penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan teknik one group pretest-posttest. Responden penelitian ini adalah anggota Sanggar Seni Perguruan Silat Sekapur Sirih sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menjukkan bahwa pelatihan berkontribusi dalam kenaikan nilai rerata pretest pengetahuan sebesar 51,00 menjadi 69,50 pada postest pengetahuan. Sedangkan rerata nilai keterampilan juga mengalami kenaikan dari pretest sebesar 49,00 menjadi 71,00 pada postest keterampilan. Hal ini juga diperkuat dengan hasil uji Paired-Sample T Test yang mendeskripsikan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 pada aspek variabel pengetahuan dan pada variabel keterampilan juga sebesar 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat dimaknai bahwa peningkatan nilai pretest ke postest pada variabel pengetahuan dan keterampilan bersifat signifikan. Kesimpulannya adalah bahwa pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan rias panggung dan manajemen pemasaran secara signifikan.

Article Details

How to Cite
LUSIANA, mitra et al. Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Rias Panggung dan Manajemen Pemasaran Melalui Pelatihan. JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA, [S.l.], v. 15, n. 01, p. 65-74, june 2023. ISSN 2549-9823. Available at: <http://jpk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpk/article/view/1161>. Date accessed: 09 may 2024. doi: https://doi.org/10.24036/jpk/vol15-iss01/1161.
Section
Vocational Education